Nova Launcher: Sebuah Panduan bagi Tuna Netra

Tipe: Personalisasi
Publisher: TeslaCoil Software
OS: 4.1 ke atas/518kb
Harga: Gratis/In apps
Download

Pengantar
Apa itu launcher? Teman-temen tentu ingat themes pada ponsel Symbian? Kira-kira mirip dengan hal tersebut namun lebih kaya fitur. Launcher berfungsi untuk mengubah tampilan ponsel. Ada beberapa launcher yang hanya mengubah tampilan muka saja namun ada juga yang mengubah keseluruhan isi ponsel termasuk tampilan dalamnya atau disebut App Drawer, sampai dengan sistim kunci layar. Kali ini Cabcus akan me-review serta membahas soal pengaturan launcher Nova atau Nova Launcher. Mengapa penulis memilih launcher ini? Karena Nova Launcher terbukti sangat aksesibel bagi kalangan disabiliti khususnya tuna netra. Proses dari awal mulai dari instalasi sampai dengan pengaturan dapat dilakukan oleh kita kalangan tuna netra tanpa bantuan orang awas. Selamat melanjutkan membaca.

Instalasi dan Penerapan Nova Launcher
Setelah selesai proses instalasi, Nova Launcher tidak lantas otomatis terpasang di ponsel. Sampai tahap ini, tampilan muka ponsel belum berubah. Untuk merubahnya tekan tombol Home di ponsel yang berada di bagian luar layar. Lalu, akan muncul pilihan menu dengan label “Tindakan lengkap menggunakan”. Pilih Nova Launcher dengan cara mengetuk 2 kali di sembarang layar, kemudian temukan tombol “Tombol Selalu” Pilih dengan cara mengetuk dua kali di layar. Selesai. Ponsel Anda sudah terintegrasi dengan Nova Launcher.

Oh iya sekedar informasi, penulis menggunakan software Nova Launcher versi 2.3, software Talkback versi 3.5.1 dengan software tts VocalizerEx dan file audio Damayanti Expressive berukuran 300 MB lebih. Jadi penulis akan menyebutkan semua menu yang ada di Nova Launcher dalam bahasa Indonesia. Jika teman-teman menggunakan Samantha atau yang lainnya, silahkan ditemukan sendiri padanan katanya.

Multi Home Screen (Desktop)
Setelah proses penerapan Nova launcher selesai tampilan muka ponsel Anda pun berubah. Tampilan muka atau tampilan depan Nova Launcher terdiri dari 5 buah Home Screen atau disebut Multi Home Screen. Dan, secara default bila kita merestart ponsel, kita akan langsung dibawa ke home screen ketiga. Jumlah ini dapat kita ubah-ubah sesuai selera. Batas maksimal home screen adalah 9 layar. Untuk para pemula disarankan menyisakan hanya 1 home screen saja sedang yang lainnya dibuang. Cara membuangnya:

  1. Tekan tombol Home Android. Maka akan muncul semua 5 home screen di layar.
  2. Temukan batas teratas layar. Maksudnya adalah batas terakhir layar yang masih disebutkan oleh Talkback. Seharusnya batas tersebut adalah bagian sinyal, baterai, atau pemberitahuan. Tandai batas tersebut karena disana lah nanti posisi untuk membuang home screen yang tidak kita butuhkan. Mengapa harus ditandai? karena Talkback tidak akan menyebutkan letak pembuangan atau proses buang tersebut.
  3. Raba dan temukan tombol home screen 1 of 5. Lakukan rabaan dengan satu jari untuk menemukan layar pertama. Setelah ketemu, ketuk dua kali dan tahan dengan cepat di posisi yang sama saat menemukannya. Lalu, seret ke bagian atas yang sudah kita tandai tadi hanya saja di posisi tengah. Sebenarnya posisi pembuangan tidak jauh berada tepat di atas layar yang kita ketuk tahan tadi. Jadi bagian tengah paling atas batas layar yang masih terbaca oleh software Talkback. Lalu lepas ketika sudah dirasakan tepat berada di lokasi tersebut. Bagaimana mengetahui layar 1 sudah berhasil dihapus? Raba lagi satu jari ke layar. Jika Anda hanya menemukan layar kedua atau tombol home screen 2 of 5 maka home screen 1 sudah terhapus. Selanjutnya, lakukan hal yang sama untuk home screen 2 of 4, dan 3 of 4. Sisakan hanya home screen 4 of 4 saja. Setelah selesai tekan kembali tombol Home ponsel. Kita akan dibawa ke tampilan biasa. Untuk memastikan kita sudah melakukan semua dengan benar, coba tekan kembali tombol home. Lalu raba dan temukan tombol home screen 1 of 1. Jika itu yang disebutkan Talkback maka kita sudah melakukannya dengan benar. Untuk kembali ke tampilan biasa, tekan lagi tombol Home.

Dock
Secara default tampilan home screen yang tersisa satu tadi terdiri dari camera, chrome, app, contacts, dan phone. Bagian tersebut berada di bagian paling bawah layar, terpisah dari ikon-ikon yang ada di layar dan biasanya ditandai dengan garis atau titik pemisah. Bagian ini disebut dengan Dock. Untuk awalnya lebih baik kita hilangkan bagian dock ini. Caranya:

  1. Tekan tombol menu ponsel yang biasanya ada di bagian kiri bawah ponsel diluar layar. Lalu, lakukan proses geser kiri ke kanan secara cepat dengan satu jari sampai menemukan menu Nova Settings, dan pilih dengan cara mengetuk 2 kali pada sembarang layar.
  2. Setelah masuk ke menu Nova Settings jangan hiraukan dulu menu lainnya. Fokus terlebih dahulu untuk mencari menu Dock. Setelah ketemu pilih dengan cara mengetuk 2 kali dengan satu jari secara cepat.
  3. Kemudian di dalam menu Dock temukan menu Enable Dock kotak centang diperiksa. Kemudian ketuk 2 kali dengan satu jari secara cepat untuk mengubah menu ini menjadi tidak dicetang. Setelah selesai kembalilah ke layar Home dengan cara menekan tombol Home ponsel yang biasanya berada di tengah bawah ponsel di luar layar.

Icon atau Shortcut
Setelah menghilangkan Dock dari layar Home maka Talkback hanya akan membaca home screen 1 saja, tidak ada yang lainnya. Proses selanjutnya adalah menambahkan ikon-ikon yang kita butuhkan.

Ikon adalah sebuah gambar dengan format defaultnya adalah png di Android yang fungsinya sebagai shortcut untuk menjalankan software atau fungsi telepon tertentu. Misal membuka software facebook, membuka menu Apps, membuka notifikasi, dan lain sebagainya. Kebutuhan setiap orang berbeda beda akan shortcut di layar Home ini jadi sesuaikan dengan kemauan kita masing-masing. Namun ada beberapa hal yang wajib ada di layar Home, seperti: shortcut atau jalan pintas untuk membuka menu Apps, membuka notifikasi atau pemberitahuan, jalan pintas ke menu aksesibilitas, dan yang lainnya. Ikuti langkah-langah di bawah ini:

Pastikan Anda berada di tampilan Home. Lalu, ketuk layar 2 kali dengan satu jari secara cepat dan tahan sampai muncul menu lansiran add to home screen atau kadang hanya bagian Nova action yang terbaca. Setelah itu, geser satu jari dari kiri ke kanan untuk bernavigasi. Ada 5 menu yang dapat dipilih: Nova Action, Apps, Shortcut, Widgets, dan Wallpapers.

  • Nova Action digunakan untuk membuat jalan pintas fungsi-fungsi tertentu yang telah disediakan oleh software Nova Launcher, seperti App Drawer atau menuju kumpulan aplikasi, menampilkan notifikasi, berpindah layar, dan lain-lain.
  • Apps digunakan untuk membuat shortcut untuk software-software yang terinstall di ponsel.
  • Shortcut digunakan untuk membuat jalan pintas untuk membuka software lebih spesifik. Misal kita memilih Facebook lalu di bawahnya akan muncul beberapa menu lagi, seperti menuju group, beranda, dan lain-lain.
  • Widgets digunakan untuk membuat jalan pintas ke widget tertentu. Misal widget BBM. Dengan adanya widget BBM maka proses baca pesan baru dapat dilakukan dari widget ini tanpa membuka software BBM. Hanya saja, biasanya widget memakan ukuran layar cukup besar. Jadi untuk di awal penulis tidak menganjurkan untuk menempatkannya di home screen sekarang. Teman-teman dapat mencobanya sendiri bila sudah dapat bernavigasi dengan lancar di antara banyak home screen.
  • Wallpapers digunakan untuk mengubah gambar wallpaper home screen atau layar background.
  1. Mari kita buat beberapa jalan pintas atau shotrcut yang wajib. Temukan menu Nova Actions pada jajaran menu yang sudah penulis jelaskan di atas lalu pilih. Talkback akan berbunyi lansiran Nova Actions. Di dalamnya temukan menu App Drawer. Kita akan membuat jalan pintas menuju kumpulan software terlebih dahulu. Pilih App Drawer dengan cara ketuk 2 kali dan lepas secara cepat. Secara otomatis shortcut App Drawer akan diletakkan di layar Home. Kita juga akan otomatis dibawa kembali ke layar Home. Coba temukan shortcut yang baru saja dibuat tersebut. Untuk memindahkan posisinya di layar, pertama raba dengan jari untuk menemukan shortcut yang dimaksud, lalu ditempat yang sama kita menemukannya ketuk 2 kali dengan cepat dan tahan. Kemudian seret ke posisi yang kita kehendaki dengan cara melepas jari dari layar.
  2. Shortcut kedua adalah jalan pintas ke bagian notification atau disebut oleh Talkback sebagai Bayangan. Kembali lakukan hal yang sama untuk membuka 5 menu di atas kemudian pilih lagi menu Nova Actions. Temukan menu Expand Notifications dan pilih. Lalu atur kembali posisinya di layar dengan cara seperti nomor 2 di atas.
  3. Kemudian yang terakhir adalah pembuatan shortcut ke menu Aksesibilitas. Lakukan lagi hal yang sama untuk membuka 5 menu di atas. Kemudian pilih menu Shortcut. Lalu, di dalamnya temukan dan pilih menu Pintasan Setelan. Setelah itu akan terbuka lagi pilihan menu. Temukan menu Aksesibilitas dan pilih. Lalu atur kembali posisinya di layar Home.

Apps atau App Drawer
App Drawer pada Nova Launcher adalah lokasi berkumpulnya ikon-ikon software yang sudah kita install di ponsel Android. Kita juga sudah membuatkan jalan pintas untuk masuk ke sana pada layar Home. Secara default tampilan App Drawer juga terdiri dari tampilan multi layar ke samping. Banyaknya layar bergantung pada jumlah software yang sudah kita install. Kita harus mengubahnya menjadi tampilan daftar atau tampilan ke bawah terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan kita para penyandang tuna netra yang telah terbiasa dengan tampilan di ponsel Symbian. Ikuti langkah berikut:

  1. Tekan tombol menu ponsel yang biasanya ada di bagian kiri bawah ponsel. Lalu geser jari dengan cepat dari kiri ke kanan untuk menemukan menu Nova Settings dan pilih.
  2. Di dalamnya temukan menu drawer dan pilih. Kemudian di dalamnya lagi temukan menu Drawer Style dan ketuka 2 kali. Dari menu yang muncul pilih menu List, lalu ketuk 2 kali untuk menyetujui. Lalu tekan tombol Home ponsel untuk kembali ke layar Home.

Sekarang coba masuklah ke bagian App drawer dengan cara memilih shortcut App Drawer yang sudah kita buatkan di layar Home. Anda akan menemukan tampilan sudah berubah menjadi memanjang ke bawah mirip pada ponsel-ponsel Symbian.

Kunci Ikon di Layar Home
Jika kita banyak menempatkan ikon-ikon pada layar Home maka kemungkinan ikon-ikon tersebut untuk berpindah tempat sangat besar. Pada Nova Launcher disediakan fungsi untuk mengunci perubahan tersebut. Jadi Anda tidak perlu takut lagi posisi akan berubah tanpa diketahui. Ikuti cara berikut untuk menguncinya:

  1. Tekan tombol menu ponsel lalu masuk ke Nova Settings.
  2. Lalu temukan menu Desktop dan pilih.
  3. Gulirkan ke bagian paling bawah sampai menemukan menu Advanced lalu bukan menu di dalamnya dengan cara mengetuk 2 kali dengan cepat.
  4. Temukan menu Lock Desktop kotak centang tidak diperiksa. Lalu, ketuk 2 kali menu tersebut untuk memberikan tanda centang. Layar Home pun sudah terkunci.

Penutup

Sampai disini dulu panduan sederhana Nova Launcher bagi Tuna Netra. Jika masih ada yang kurang dapat kita lanjutkan nanti di lain waktu. Dan, jika ada yang salah atau kurang tepat mohon penulis diberitahukan agar tidak menjadi sebuah kesalahan yang berkepanjangan. Akhir kata… Jangan pernah berhenti untuk belajar.

Bagikan

Komentar