Whatsapp Hapus Data Percakapan, Foto, dan Media Lainnya

Seiring dengan adanya perubahan perjanjian antara Whatsapp dengan pihak Google maka mulai 12 November 2018, semua data baik percakapan, foto, video,dan data-data lainnya yang saat ini berada di Google Drive akan dihapus. Penghapusan ini terjadi bila kamu tidak melakukan aktifitas backup data selama kurang lebih satu tahun. Dan, kamu secara otomatis akan dianggap non-aktif dari Whatsapp. Kebijakan baru ini hanya berlaku bagi pengguna Whatsapp di Android. Untuk platform lain seperti Apple tidak ada perubahan perjanjian dengan iCloud.

Sebelumnya, data Whatsapp kamu yang ter-backup secara otomatis ke Google Drive tidak memiliki batasan kuota atau kapasitas. Hal ini membuat volume data backup pengguna Whatsapp di Google Drive membengkak, dan akun cloud user pengguna Whatapp pun tidak dapat dikendalikan kapasitasnya. Sedang, Whatsapp memiliki pengguna yang cukup banyak di seluruh dunia. Di satu sisi perubahan perjanjian ini menguntungkan user. Tidak ada lagi masalah soal kapasitas yang menipis di Google Drive kamu. Namun, di sisi lain, bagi mereka yang awam akan teknologi ini akan menjadi kendala baru. Pengguna yang awam harus belajar mem- backup datanya atau meminta tolong orang lain untuk secara manual di Whatsapp jika tidak ingin semua data backup-nya hilang sebelum bulan November nanti.

Tapi, jangan kuatir. Cabcus akan membantu Cabcuser langkah demi cara mem-backup secara manual data-data di Whatsapp kamu. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Whatsapp di ponsel Android kamu.
  2. Temukan menu Settings dengan cara meng-klik lambang tiga titik yang ada di pojok kanan atas jendela utama Whatsapp, di samping ikon kaca pembesar atau pencarian, dan Klik.
  3. Lalu, cari menu Chats, dan klik.
  4. Cari menu Chats backup, dan klik.
  5. Di dalam menu Chats backup kamu akan menemukan tombol hijau bertuliskan Backup. Klik, dan proses backup akan berjalan.

Selesai, dan seruput kopi kesukaanmu di hari yang indah ini.

Bagikan

Komentar